Kalo kemaren gua udah bahas cowo, sekarang gua akan bahas cewe. Cewe adalah mahluk yang susah dimengerti. Ini lebih susah daripada matematika. Kenapa? Karna kalo matematika, kita gak ngerti, kita bisa tanya ke guru. Cewe? Kita gak ngerti, mereka ngambek. Kita tanya, mereka jawab, “pikir aja sendiri.” Begitu cowo mikir, apa yang dia pikir salah, si cewe langsung bikin story, “cowo emang gak pernah bisa ngerti cewe!” See? Cowo-cowo masih berniat mau pacaran sama cewe? Kayaknya mending homo aja deh. Gua gak pernah liat ada pasangan homo yang putus gara-gara salah satunya gak pengertian. Homo biasanya langgeng. Udah, buat jomblo-jomblo frustasi, mending homo aja wkwk. Btw gua juga jomblo, tapi gua gak frustasi yaa. Awas aja lu mikir aneh-aneh hahah Tapi buat yang keras kepala pengen pacaran sama cewe, gua pengen ngajak kalian mikir solusi dari masalah ini. Cewe adalah makhluk yang sensitif. Walaupun mereka sering bilang, “aku kuat kok.” Mereka pasti nangis di pojokan. Jangan pernah ...
Berbicara tentang ketidakpercayadirian, gua rasa kebanyakan dari kita semua pernah atau bahkan masih mengalami ini. Topik ini udah dari dulu dibahas banyak orang, tapi dengan adanya pengalihan bahasa, sekarang jadi agak ramai dibahas banyak orang lagi. Gua pernah dan cukup lama gak percaya diri. Warna kulit jadi satu dari banyak hal yang membuat gua gak percaya diri. Gimana enggak, pada waktu itu, dibanding temen-temen gua yang lain, warna kulit gua paling gelap. Sebenernya pas sekolah dasar it’s not a big deal , tapi pas lanjut sekolah ke Smp semua hal berubah, seorang remaja yang menuju masa puber jelas lebih memperhatikan banyak hal. Salah satunya penampilan. Dulu, pas Smp ada seorang cewe yang gua suka (dan kayaknya dia juga tau gua suka sama dia) bilang ke temen cewenya gini "si robby teh kasep ngan hideung". Omongan itu pada akhirnya nyampe juga ke telinga gua. Pada detik itu pandangan gua terhadap sekitar berubah total, gua merasakan betul transisi dari bocah SD m...
Literasi emang apaan dah? Literasi menurut UNESCO adalah sebuah kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, mengintrepetasi, membuat, mengkomunikasikan, dan menghitung, dengan menggunakan bahan yang tertulis dan tercetak yang terasosiasi dengan berbagai konteks. Jadi, bukan cuma buku atau menulis doang. Tapi sebuah skill set untuk mengolah pengetahuan. Memang media yang paling banyak digunakan sejak awal adalah buku, tapi makin ke sini, makin banyak media-media lain. Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2019, Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara. Sementara di tahun yang sama, UNESCO menyebutkan minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya, dari seribu orang Indonesia, cuma satu orang yang punya minat baca. Ki Hajar Dewantara di pojokan menangis tersedu-sedu melihat ini. Tapi kenapa ini bisa terjadi? Kalo pengen tau lu bisa cari skripsi, tesis, paper, atau disertasi yang bahas masalah ini. Jawaba...
Komentar
Posting Komentar