Sensor**

Kalo inget pembelajaran di salah satu mata kuliah, kenapa lembaga ke******an kita bobrok bgt terutama dalam hal pelayanan publik karena mereka merasa kedudukannya lebih tinggi dari masyarakat dan masih berpikir secara militer. yes, they think they are part of military army.
Ya ini juga efek dwifungsi jaman orba juga. Walaupun pasca reformasi itu lembaga udh diupayakan buat dilakukan 'demiliterisasi' tapi nyatanya ya gak terlalu berhasil lol. Nuansa milter di mereka masih kuat bgt walaupun dah dipisahin dari militer.
Ditambah lagi budaya feodal yang mengakar kuat di ini negara, makin-makin dah mereka merasa superior. Mereka gak merasa sebagai pelayan masyarakat, justru merasa bahwa masyarakat yg paling butuh mereka mangkanya ada pungli ini itu. Laporan kehilangan juga banyak yg gak direspon.
Makanya gak heran, angka kejahatannya tinggi dan dark numbernya juga tinggi. Wong mereka gak dipercaya sama masyarakat. Dah emang paling bener mereka ditarik ke institusi sipil. Ditingkat nasional jadi dibawah kemendagri, ditingkat daerah jadi dibawah kepala daerah.
At least itu sebagai sebuah langkah untuk mereformasi sistem ke******an jadi lebih berorientasi melayani masyarakat serta sedikit demi sedikit melakukan demiliterisasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Gapapa"'

Insecure

Minim Literasi