"Gak ah rumah lu jauh"

Gua adalah orang yang seneng kalo temen maen ke rumah, dari dulu, dari SD bahkan. Karna menurut gua, maen ke rumah adalah simbol keakraban. Karna gua seneng, gua juga jadi sering nawarin ke temen buat maen. Walaupun memang di rumah gua gak ada apa-apa, kopi saset mah ada lah. Dan kebanyakan respon mereka tuh sama, “gak ah rumah lu jauh”.

Selepas lulus SD, gua emang lanjut SMP yang cukup jauh dari rumah, beda kecamatan (untuk ukuran anak SMP cukup jauh). Sebenernya ada SMP yang deket, Cuma karna nilai akhir gua gak mencukupi waktu itu, jadi gak diterima di SMP yang deket itu. Memang tolol saya ini. Tapi untungnya gua punya orang tua yang asik, mereka tidak peduli nilai rapot yang penting masuk sekolah, naik kelas, lulus. Mantap! Dari SD tuh gua gak pernah kayak anak-anak lain yang keringet dingin karna takut diomelin sama orang tua karna nilai sekolah yang gak sesuai sama harapan orang tua.

Tapi pernah sekali waktu gua minta dibelliin playstation 2 ke bapak, kenapa minta ke bapak karna kalo minta ke bapak bakal ada peluang dibeliin. Kalo minta ke emak, sudah pasti jawabannya “Tidak”. Tapi bapak gua ngasih challenge, “oke dibeliin, tapi pas pembagian rapot harus lima besar” tanpa banyak pikir gua iya in, walaupun gak tau cara masuk lima besar gimana waktu itu. Soalnya boro-boro lima besar, sepuluh besar aja gua gak pernah. Tapi karna keinginan memiliki playstation 2 yang cukup besar, akhirnya gua berusaha. Gua perhatiin orang-orang pinter di kelas. Gua tanya gimana pengen punya nilai bagus. Usaha lah intinya.

Sampai akhirnya hari pembagian rapot tiba, dan untuk pertama kalinya gua ngerasain keringet dingin. Sampai akhirnya nama gua disebut di urutan ke empat sama wali kelas, Bu Ade namanya. Orangnya tinggi, berisi, rambut pendek sebahu, ada tahi lalatnya di deket pipi. Mirip Megawati. Sampe rumah emak gua nelpon ke bapak gua buat ngasih tau kalo gua ranking empat, karna kan bapak gua kerja, jadi yang ngambil rapot emak gua. Bapak gua pas dikasih tau kayak kaget, gak percaya gitu. Dalam hatinya mungkin “anying keluar duit nih” gitu. Pas balik kerja cek rapot dan pas libur kerja langsung dibeliin, dan sampe sekarang masih ada tuh barang walaupun udah rusak. Setelah dipikir-pikir ternyata saya bisa pintar kalo ada iming-imingnya hahaha. Kelas-kelas berikutnya tentu saja anjlok lagi hihihi

Back to topic. Gua lanjut SMP, dan yaa gua masih orang yang sama yang seneng kalo temen maen ke rumah. Gua sering nawarin pas pulang sekolah “ayok maen ke rumah gua” dan jawabannya selalu sama “gak ah rumah lu jauh”. Tapi ada beberapa yang suka maen ke rumah, seinget gua yang beberapa kali maen ke rumah itu si Gunawan (Awang), Enjang (Penjol), Ahmad Nawawi (Joni). Di manapun kalian sekarang, semoga sehat selalu.

Lanjut SMK di Cikampek. Lebih jauh lagi dari rumah. Tapi gua selalu mencoba menawarkan buat maen ke rumah dan jawabannya masih sama “gak ah rumah lu jauh” Tapi ada juga yang lumayan sering maen ke rumah. Restu Pangestu (Tuleng) sama si Randau Kandau (Nando). Si Randau pernah cerita ke gua, harusnya nama dia tuh Rando Kando tapi orang catatan sipilnya typo. Tapi tenang do, lu gak sendiri. Nama gua juga harusnya Robby Ardiansyah jadi Robby Ardiansah. Sialan emang tuh orang Capil.

Sekarang kuliah di Purwakarta, lebih jauh lagi beda Kabupaten. Sebenernya gak jauh-jauh banget sih, kurang dari satu jam. Soalnya menurut gua, kalo pantat belom pegel tapi kita udah sampe tujuan, berarti gak jauh. Nah kalo pantat lu udah pegel tapi belom nyampe juga, itu baru jauh. Indikatornya pantat bukan jarak, memang aneh tapi begitulah. 

Dan gua masih orang yang sama, sering nawarin maen ke rumah buat sekadar ngopi atau ngeliwet. Dan jawabannya masih sama “gak ah rumah lu jauh”. Ada satu kejadian, di kosan duit udah abis belom di kirim lagi dan kangen masakan rumah ceritanya. Gua memutuskan untuk pulang ke rumah, kebetulan di kosan ada si abah sama si anjay, gua ajakin dong “gua mau balik nih, ikut gak?” dijawab “ayok gaslah sambil motoran”. Sampe rumah gua ajakin makan, beres makan si anjay nyeletuk “rumah lu jauh banget anying kek mudik”

Tapi terlepas dari itu semua gua sih berharap kalo kalian ada waktu, kalian bisa maen ke sini. Gua bakal seneng banget.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Gapapa"'

Insecure

Minim Literasi