"Gak ah rumah lu jauh"
Gua adalah orang yang seneng kalo temen maen ke rumah, dari dulu, dari SD bahkan. Karna
menurut gua, maen ke rumah adalah simbol keakraban. Karna gua seneng, gua juga
jadi sering nawarin ke temen buat maen. Walaupun memang di rumah gua gak ada
apa-apa, kopi saset mah ada lah. Dan kebanyakan respon mereka tuh sama, “gak ah
rumah lu jauh”.
Selepas lulus SD, gua emang lanjut SMP yang cukup jauh
dari rumah, beda kecamatan (untuk ukuran anak SMP cukup jauh). Sebenernya ada
SMP yang deket, Cuma karna nilai akhir gua gak mencukupi waktu itu, jadi gak
diterima di SMP yang deket itu. Memang tolol saya ini. Tapi untungnya gua punya
orang tua yang asik, mereka tidak peduli nilai rapot yang penting masuk
sekolah, naik kelas, lulus. Mantap! Dari SD tuh gua gak pernah kayak anak-anak lain
yang keringet dingin karna takut diomelin sama orang tua karna nilai sekolah
yang gak sesuai sama harapan orang tua.
Tapi pernah sekali waktu gua minta dibelliin
playstation 2 ke bapak, kenapa minta ke bapak karna kalo minta ke bapak bakal
ada peluang dibeliin. Kalo minta ke emak, sudah pasti jawabannya “Tidak”. Tapi bapak
gua ngasih challenge, “oke dibeliin, tapi pas pembagian rapot harus lima besar”
tanpa banyak pikir gua iya in, walaupun gak tau cara masuk lima besar gimana
waktu itu. Soalnya boro-boro lima besar, sepuluh besar aja gua gak pernah. Tapi
karna keinginan memiliki playstation 2 yang cukup besar, akhirnya gua berusaha.
Gua perhatiin orang-orang pinter di kelas. Gua tanya gimana pengen punya nilai
bagus. Usaha lah intinya.
Sampai akhirnya hari pembagian rapot tiba, dan untuk
pertama kalinya gua ngerasain keringet dingin. Sampai akhirnya nama gua disebut
di urutan ke empat sama wali kelas, Bu Ade namanya. Orangnya tinggi, berisi,
rambut pendek sebahu, ada tahi lalatnya di deket pipi. Mirip Megawati. Sampe rumah
emak gua nelpon ke bapak gua buat ngasih tau kalo gua ranking empat, karna kan
bapak gua kerja, jadi yang ngambil rapot emak gua. Bapak gua pas dikasih tau
kayak kaget, gak percaya gitu. Dalam hatinya mungkin “anying keluar duit nih”
gitu. Pas balik kerja cek rapot dan pas libur kerja langsung dibeliin, dan
sampe sekarang masih ada tuh barang walaupun udah rusak. Setelah dipikir-pikir
ternyata saya bisa pintar kalo ada iming-imingnya hahaha. Kelas-kelas
berikutnya tentu saja anjlok lagi hihihi
Back to topic. Gua lanjut SMP, dan yaa gua masih orang
yang sama yang seneng kalo temen maen ke rumah. Gua sering nawarin pas pulang
sekolah “ayok maen ke rumah gua” dan jawabannya selalu sama “gak ah rumah lu
jauh”. Tapi ada beberapa yang suka maen ke rumah, seinget gua yang beberapa
kali maen ke rumah itu si Gunawan (Awang), Enjang (Penjol), Ahmad Nawawi
(Joni). Di manapun kalian sekarang, semoga sehat selalu.
Lanjut SMK di Cikampek. Lebih jauh lagi dari rumah. Tapi
gua selalu mencoba menawarkan buat maen ke rumah dan jawabannya masih sama “gak
ah rumah lu jauh” Tapi ada juga yang lumayan sering maen ke rumah. Restu
Pangestu (Tuleng) sama si Randau Kandau (Nando). Si Randau pernah cerita ke
gua, harusnya nama dia tuh Rando Kando tapi orang catatan sipilnya typo. Tapi tenang
do, lu gak sendiri. Nama gua juga harusnya Robby Ardiansyah jadi Robby Ardiansah. Sialan emang
tuh orang Capil.
Sekarang kuliah di Purwakarta, lebih jauh lagi beda Kabupaten. Sebenernya gak jauh-jauh banget sih, kurang dari satu jam. Soalnya menurut gua, kalo pantat belom pegel tapi kita udah sampe tujuan, berarti gak jauh. Nah kalo pantat lu udah pegel tapi belom nyampe juga, itu baru jauh. Indikatornya pantat bukan jarak, memang aneh tapi begitulah.
Dan gua masih orang yang sama,
sering nawarin maen ke rumah buat sekadar ngopi atau ngeliwet. Dan jawabannya
masih sama “gak ah rumah lu jauh”. Ada satu kejadian, di kosan duit udah abis
belom di kirim lagi dan kangen masakan rumah ceritanya. Gua memutuskan untuk
pulang ke rumah, kebetulan di kosan ada si abah sama si anjay, gua ajakin dong “gua
mau balik nih, ikut gak?” dijawab “ayok gaslah sambil motoran”. Sampe rumah gua
ajakin makan, beres makan si anjay nyeletuk “rumah lu jauh banget anying kek
mudik”
Tapi terlepas dari itu semua gua sih berharap kalo
kalian ada waktu, kalian bisa maen ke sini. Gua bakal seneng banget.
Komentar
Posting Komentar