Jajan

Jajan adalah aktifitas membeli sesuatu tapi lebih spesifik, kalau belanja kan konotasinya lebih kayak orang dewasa yang melakukan. Ibu-ibu belanja bulanan atau mbak-mbak SCBD belanja pakaian. Nah kalo jajan ini konotasinya anak kecil yang beli sesuatu. Tapi gak juga sih, seperti yang kita tau lelaki dewasa juga suka “jajan”.

Ada satu jajanan yang gua seneng banget waktu SD, gua menamainya es krim goyang. Gua gak tau nama officialnya apaan, tapi karna proses pembuatannya yang digoyang (gerobaknya), jadi gua kasih nama es krim goyang. Orang Indonesia mah gampang namain sesuatu, kantong plastik bunyinya kresek-kresek, dinamain kresek. Polisi tidur dikasih nama gajlugan. Ya gitulah tipikal orang Indonesia.

Bentuknya sama sebenernya kayak es krim stik konvensional, tapi yang menarik adalah kita tau cara buatnya, live. Beneran digoyang-goyang gerobaknya, kalo lu tambahin ceban, bukan cuma gerobaknya yang goyang, mamang-mamangnya juga ikut goyang itu. Serius.

Tapi produk apapun kalo gak melakukan inovasi bakal ketinggalan. Sama halnya kayak es krim ini, kalo biasanya eskrim pake cup atau stik, beberapa tahun kebelakang ada yang bikin es krim goreng. Orang Indonesia seneng banget goreng kayaknya. Goreng nasi, goreng ikan, goreng berita hoax.

Yang paling gokil ada orang yang jual kripik semangka, dan gua pernah nyobain. Inovasi sih, tapi siapa yang kepikiran menggoreng semangka? Jenius sekali. Mungkin ini adalah implementasi “Sedikit lebih beda lebih baik, daripada sedikit lebih baik”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Gapapa"'

Insecure

Minim Literasi