Jokes

Gua seneng bikin orang ketawa, kayak ada kepuasan tersendiri. Pun gua juga seneng dibuat ketawa sama orang. Menurut gua, ketawa itu udah jadi komoditas di tengah hiruk-pikuk keseharian. Bahkan beberapa orang berani mengeluarkan duit yang gak sedikit buat beli tiket dan nonton beberapa special show comedian ternama. Cuma buat apa? Betul. Ketawa.

Makanya gua rispek sama orang-orang kocak yang bisa bikin temen-temennya ketawa.

Biasanya di tongkrongan suka ada tuh satu orang yang berperan jadi si kocak ini dan peran si kocak ini cukup vital, karna menjadi tulang punggung tongkrongan biar rame. Kalo gua, gua ambil peran tukang ketawanya aja hehehe.

Bikin jokes itu susah, gua tau betul. Apalagi selera humor orang-orang kan beda-beda satu orang dengan orang yang lain. Referensi komedi yang mereka baca, liat, denger juga beda-beda. Makanya untuk bikin jokes yang “works” si pembuat harus punya referensi yang banyak, harus banyak tau.

Bikin jokes juga menurut gua gak ada batasnya. Lu bisa bercandain apapun. Batasnya Cuma nyali dan empati aja, dan nyali dan empati orang tuh beda-beda tingkatnya. Makanya gua asumsikan bikin jokes itu gak ada batasnya selama LUCU. Karna ada orang yang memang punya nyali yang besar sekaligus gak punya empati sama sekali. Mungkin dark jokes bisa jadi contoh konkrit. Tapi percaya sama gua, dark jokes itu hanya akan lucu, kalo bukan lu objek tertawanya.

Gua suka bikin jokes, ya walaupun lucu menurut gua doang sih, tapi gapapa juga. Kalo orang lain bisa ketawa karna jokes gua, itu bonus. Di cerita-cerita keresahan sebelumnya yang gua tulis biasanya gua selipin jokes tipis-tipis. Biar gak bosen bacanya. Walaupun yang baca juga gak banyak tapi seenggaknya gua berkontribusi sedikit tawa di hari mereka. Gua bukan si paling ngerti agama, tapi yang gua tau, menyenangkan orang lain itu ada pahalanya.

Mungkin ini alasan gua lebih betah di platform Twitter ketimbang di platform lain. Di Twitter orangnya lucu-lucu, sumpah dah. Pinter-pinter juga. Dan yang paling penting, mereka gak pelit ilmu.

Salah satu comedian yang paling gua suka adalah Adriano Qalbi. Pedahal di shownya itu kaya bapak-bapak ngedumel doang. Tapi lucu banget. Dia juga punya podcast Awal Minggu namanya yang sering gua dengerin. Gua kasih tau satu bit dari setup dia, bitnya gini: “Lo sadar gak sih kalo stiker happy family tuh Cuma ada di mobil-mobil murah? Gak pernah ada atau jarang banget ada di mobil kayak Mercy, BMW, Ferrari… Ternyata emang gitu ya, kalo lo gak punya duit tuh penting banget buat orang lain tau kalo lo tuh bahagia”. Boom!! Ni orang observasinya brilliant banget.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Gapapa"'

Insecure

Minim Literasi