Jokes
Makanya gua rispek sama orang-orang kocak yang bisa
bikin temen-temennya ketawa.
Biasanya di tongkrongan suka ada tuh satu orang yang
berperan jadi si kocak ini dan peran si kocak ini cukup vital, karna menjadi
tulang punggung tongkrongan biar rame. Kalo gua, gua ambil peran tukang
ketawanya aja hehehe.
Bikin jokes itu susah, gua tau betul. Apalagi selera
humor orang-orang kan beda-beda satu orang dengan orang yang lain. Referensi
komedi yang mereka baca, liat, denger juga beda-beda. Makanya untuk bikin jokes
yang “works” si pembuat harus punya referensi yang banyak, harus banyak tau.
Bikin jokes juga menurut gua gak ada batasnya. Lu bisa
bercandain apapun. Batasnya Cuma nyali dan empati aja, dan nyali dan empati
orang tuh beda-beda tingkatnya. Makanya gua asumsikan bikin jokes itu gak ada
batasnya selama LUCU. Karna ada orang yang memang punya nyali yang besar
sekaligus gak punya empati sama sekali. Mungkin dark jokes bisa jadi contoh
konkrit. Tapi percaya sama gua, dark jokes itu hanya akan lucu, kalo bukan lu
objek tertawanya.
Gua suka bikin jokes, ya walaupun lucu menurut gua
doang sih, tapi gapapa juga. Kalo orang lain bisa ketawa karna jokes gua, itu
bonus. Di cerita-cerita keresahan sebelumnya yang gua tulis biasanya gua
selipin jokes tipis-tipis. Biar gak bosen bacanya. Walaupun yang baca juga gak
banyak tapi seenggaknya gua berkontribusi sedikit tawa di hari mereka. Gua bukan
si paling ngerti agama, tapi yang gua tau, menyenangkan orang lain itu ada
pahalanya.
Mungkin ini alasan gua lebih betah di platform Twitter
ketimbang di platform lain. Di Twitter orangnya lucu-lucu, sumpah dah. Pinter-pinter
juga. Dan yang paling penting, mereka gak pelit ilmu.
Salah satu comedian yang paling gua suka adalah
Adriano Qalbi. Pedahal di shownya itu kaya bapak-bapak ngedumel doang. Tapi lucu
banget. Dia juga punya podcast Awal Minggu namanya yang sering gua dengerin. Gua
kasih tau satu bit dari setup dia, bitnya gini: “Lo sadar gak sih kalo stiker
happy family tuh Cuma ada di mobil-mobil murah? Gak pernah ada atau jarang banget
ada di mobil kayak Mercy, BMW, Ferrari… Ternyata emang gitu ya, kalo lo gak
punya duit tuh penting banget buat orang lain tau kalo lo tuh bahagia”. Boom!! Ni
orang observasinya brilliant banget.

Komentar
Posting Komentar