Patah kaki dan serba-serbi jalan raya
Kita semua pasti pakai salah satu fasilitas umum ini,
fasilitas ini dipakai untuk menghubungkan satu tempat ke tempat yang lain. Mungkin
lu pake ke tempat kerja, kampus, sekolah. Selalu ada yang menarik yang terjadi
di jalan, entah lucu atau menyebalkan (seringnya sih nyebelin). Ibu-ibu sen
kiri belok kanan, angkot berenti medadak, anak muda meresahkan yang mencari
jati diri,
banyak lah pokoknya.
Gua mulai pake sepeda motor pas smp dan gua mengakui
bahwa gua pun dulunya adalah pengendara yang buruk (adek-adek nyebelin pada
masanya). Dari mulai pake kenalpot bising, bawa motor sembarangan, trek-trekan.
Sampai akhirnya mengalami sebuah kecelakaan. Selain merugikan diri sendiri, pun
merugikan orang lain. Hampr nabrak anak kecil gua dulu, untungnya gak kena, gua
bisa ngeles. Dan kejadian itu menyadarkan gua bahwa “wah gabisa gini terus nih”
Beberapa kejadian memang selalu jadi proses yang
membuat kita menjadi manusia yang lebih baik. Sampe sekarang gua kalo bawa
motor tuh pelan, sampe sering dicengin sama temen, “lelet banget lu kek keong”.
Tapi bodoamat, safety first.
Baru-baru ini temen kampus gua abah, panggilan
anak-anak ke dia. Mengalami sebuah kecelakaan. Patah kaki kiri sama bahu kanan,
sampe dioprasi di salah satu rumah sakit di Solo. Allhamdulilah kondisinya udah
berangsur membaik. Si abah ini punya satu kebiasaan yang gak pernah berubah
dari semester satu sampe sekarang. Nyelipin hp di helm. Kek bapak-bapak gak
asik nyelipin hp di helm, mana kalo nelpon kenceng banget lagi ngomongnya,
seakan-akan semua orang harus tau dia ngobrolin apaan. Kalo bapak-bapak
nyelipin hp di helm buat nelpon, si abah enggak, dengerin musik kalo dia. Maksud
gua kan udah ada teknologi earphone, lau ngapain nyelipin hp di helm?. Gatau dah apaan
motivasinya.
Belom lagi manusia-manusia gak sabaran di lampu merah.
Lampu baru ijo udah klakson-klaokson, lu kira cerdas cermat apa gimana. Lagian seburu-buru
apa sih? Kebelet boker? Gak ada juga orang yang betah di lampu merah. Gak pernah
tuh ada orang yang “wah baru ijo nih, aku ingin berleha-leha sejenak” Gak ada! Sabar!
Dan yang paling menyebalkan buat gua adalah orang yang
parkir mobil sembarangan dan buka pintu gak liat-liat kondisi. Kan bahaya. Saking
keselnya gua pernah bikin tweet gini “teruntuk bapak2 yang tadi parkir pinggir
jalan dan buka pintu mobil sembarangan, ku aing didoakeun sing modol garpu
popmie siah anying” Gitu...
Atau gak, dua pengendara yang ngobrol di jalan. Maksud gua, lu pada pada kan abis nongkrong nih entah di cafe atau angkringan. Dari sekian banyak tempat yang enak dipake ngobrol, kenapa lu pilih jalanan. Lu di cafe ngapain? Ngegas-ngegas motor?
Cepet pulih Bro!
Wekawekaweka.....
BalasHapus