Typing Jelek
Pernah ngatain orang karena typingnya jelek? Atau malah
pernah dikatain orang karena typing lu jelek? Atau setidaknya pernah liat orang
dikatain sama orang lain karena typingnya jelek? Pasti pernah dong?!
Setiap kali gua denger kata typing atau ngetik, gua
selalu teringat satu nama. Sayuti Melik. Makanya kalo ada orang yang lama
banget ngetiknya di grup Whatsapp, gua selalu timpalin, “Ngetik mulu lu kek
Sayuti Melik.” For your information, Sayuti Melik ini orang yang ngetik naskah
proklamasi.
Tapi sebenernya gimana sih typing yang ganteng itu? Masalahnya
gua juga pengen bisa. Muka gak ganteng ya minimal typingnya ganteng, gitu.
Gua gak tau kapan dan di platform mana trend ini dimulai. Tapi kalo gua perhatiin, typing itu sebegitu pentingnya sekarang. Kadang karna cuma masalah typing, orang bisa ilfeel. Serius. Bukan cuma typing, tanda baca juga kadang bisa jadi masalah. “Di” dipisah dan “Di” disambung, apalagi. Ya tapi emang “Di” dipisah sama “Di” disambung ini bisa fatal kalo salah penempatannya. Lagian sekolah 12 tahun masa gak tau “Di” dipisah sama “Di” disambung sehhhhh. Malu. Seenggaknya harus tau hal-hal mendasar biar gak kegocek orang di sosmed, kayak gini:
Mungkin bukan typing jelek, tapi emang kebiasaan lama
yang kebawa aja. Kalo diliat ke belakang, dulu emang banyak yang pake Nokia, yang mana keypadnya belum
qwerty. Jadi wajar kalo disingkat-singkat, karna effort banget loh ngetik pake
Nokia belah ketupat atau X2 tuh. Dan ya namanya juga SMS Short Massage Service,
jadi wajar kalo disingkat-singkat. Yang gak wajar adalah singkatan-singkatan
yang sulit dipahami. Udah mah disingkat-singkat ditambah dihajar masa alay,
udah, kacau.
Tapi kalo gua, gua gak terlalu mempermasalahkan
per-tyingan-duniawi ini. Selagi maksudnya tersampaikan, yaudah. Lagian kan
emang bukan karya ilmiah atau surat resmi. Sama kayak berbahasa, selagi orang
yang lu ajak ngobrol paham konteks yang lu sampein, yaudah. Gak usah ribet, lu bukan
panitia.
Jadi, jangan sampe hal remeh-temeh kayak gini jadi masalah, apalagi sampe debat kusir. Typing mah sifatnya kondisional.
Terlalu nafsu ngetiknya Pak jadi typo
BalasHapusBukan nafsu, Pak. Cuma penuh energi aja hahaha
Hapus